5 Rumus Excel Penting untuk Pekerjaan

Excel merupakan software yang sering digunakan dalam semua bidang pekerjaan. Excel sendiri memiliki fungsi untuk mengelola data hingga teks serta membuat diagram dan grafik. Excel juga berguna untuk membuat data-data sederhana.
Ternyata, ada beberapa fungsi Excel yang jarang digunakan namun dapat membantu pekerjaan kita, terutama para fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Rumus excel yang jarang digunakan tersebut ternyata dapat membantu pekerjaan menjadi lebih cepat dan akurat.

Apa saja rumus tersebut? Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari LinkedIn

Rumus Excel yang Penting

  • TRIM spaces, before, after and in between text
    Terkadang teks dalam cell tidak sengaja memiliki banyak spasi baik sebelum, sesudahnya, atau di antara kata. Satu rumus dapat memperbaiki ketiga permasalahan tersebut. Cukup ketik =TRIM (cell dengan teks) untuk menghilangkan semua spasi berlebih.
    Dengan menggunakan fungsi pembersih teks apa pun, kalian harus merubah rumus menjadi teks dengan menyalin lalu menggunakan paste special “values”.
  • 5 Bilangan Terbesar
    Ingin mengetahui 5 tenaga penjualan teratas atau 10 toko teratas atau 3 pelanggan teratas perusahaan? Kalian bisa menggunakan =LARGE (group of cells.2) finds the second highest value, 3 finds third largest, etc.
    Gunakan juga =SMALL (group of cells, 2) untuk menemukan angka terendah ke 2.
  • Rumus Mencari Tanggal
    Jika kalian ingin mengetahui rumus tanggal kalian dapat mencari tanpa menggunakan rumus sederhana seperti =TODAY () untuk mengembalikan tanggal hari ini.Rumus tersebut sangat berguna untuk mengetahui seberapa terlambat faktur, berapa lama hingga tanggal acara, dan lain sebagainya. Rumus tersebut dapat diperbarui secara otomatis dengan menggunakan Ctrl + ; dan memberikan tanggal hari ini dengan hasil yang tetap.
  • MROUND
    Pembulatan adalah fitur yang sangat jarang digunakan di excel. Pembulatan juga dapat mempermudah pengguna excel. Contoh penggunaannya yaitu =MROUND (cell, 250) dibulatkan ke 250 terdekat.
  • IFERROR
    Jika Excel menemukan kesalahan, rumus apa pun yang ditautkan ke cell akan menyebabkan masalah. “Eror” tersebut mungkin sebenarnya bukan kesalahan, jika kalian sering mengabaikan “eror” tersebut.

    =IFERROR (cell,0)

    Dengan menggunakan rumus itu akan menggantikan kesalahan dengan 0 dan tidak berhubungan dengan sel lain.

 

Baca Juga:  Cara membuat ukuran kertas F4 di printer EPSON pada Windows 10
Avatar photo
Bang Yogi

Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Articles: 528

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *