Perjalanan Sang Burung Hijau

Pada era perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan banyak perusahaan yang berbasis teknologi mengembangkan aplikasi-aplikasi yang memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi.

Khususnya sejak kemunculan web 2.0 yang memungkinkan pengguna internet untuk berinteraksi dua arah. Kemunculan media jejaring sosial telah membantu manusia saling terhubung satu dengan yang lain, salah satunya adalah Twitter.

Twitter merupakan layanan jejaring sosial dan mikroblogging dengan fasilitas mengirim teks info pada akun pengguna dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pesan instan atau surat elektronik.

Media jejaring sosial ini dikembangkan oleh Obvious Corp yang bertempat San Fransisco, Amerika Serikat. Twitter dibuat pada bulan Maret 2006 dan diluncurkan pada bulan Juli di tahun yang sama oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Bizz Stone, dan Evan Williams.

Sejak diluncurkan tahun 2006, Twitter mengalami perkembangan pesat. Layanan servis ini secara cepat menjadi popular di dunia dengan 500 juta pengguna yang teregistrasi pada tahun 2012 dan mengumpulkan lebih kurang 58 juta tweet per hari (www.statisticbrain.com).

Sebuah lembaga riset web bernama Alexa tahun 2012 menempatkan Twitter pada urutan ke-13 website yang paling banyak diakses di seluruh dunia dan Jakarta tercatat sebagai peringkat pertama kota dengan jumlah tweet terbanyak di dunia.

Pergantian kepemimpinan

Pada masa kepemimpinan Dorsey, Twitter berhasil meraih dua kali putaran investasi dari sejumlah pemodal ventura. Media sosial itu pun dengan melesat menjadi alat komunikasi yang efisien untuk berbagi informasi secara online.

Pada Oktober 2008, posisi CEO Twitter diambil alih oleh Evan Williams. Dorsey yang melepas jabatan tersebut kemudian diangkat menjadi pimpinan eksekutif. Masa kepemimpinan Williams tidak bertahan lama. Tepat dua tahun menjabat, ia mengajukan pengunduran diri. Meski mundur dari jabatan, melalui blog resminya pihak Twitter mengatakan bahwa Williams masih menjadi bagian dari Twitter.

Williams duduk di kursi direksi dan fokus untuk strategi pengembangan produk. Selepas William, jabatan CEO Twitter dipegang oleh Dick Costolo. Ia merupakan sosok yang punya kedekatan dengan Jack Dorsey.

Baca Juga:  Cara Download Video di Twitter tanpa Install Aplikasi

Pada Juni 2015, Dick Costolo mengundurkan diri dari jabatan CEO Twitter. Performa Twitter yang meredup adalah salah satu faktor yang membuatnya mundur. Pengunduran diri Costolo, dapat dikatakan sebagai hal yang tidak mengejutkan. Pasalnya banyak pihak yang memprediksi ia tak akan bertahan lebih lama lagi.

Sebagai pucuk pimpinan tertinggi, Costolo dianggap gagal menaikkan popularitas Twitter. Bahkan, harga saham Twitter justru semakin anjlok. Setelah Costolo mundur, jabatan CEO Twitter kembali diemban oleh Jack Dorsey. Pada tahun 2022 elon resmi membeli twitter dan jabatan sebgai CEO.

Logo Twitter yang bernama “Twitter Bird”

Logo ini mulai digunakan pada tanggal 5 Juni 2012, “Twitter Bird” tersebut didesain oleh Douglas Bowman yang terinspirasi oleh seekor burung biru yang biasa ditemui di pegunungan. Ikon unik lainnya dari media ini adalah adanya gambar ikan paus sedang ditarik delapan burung berwarna oranye dengan caption

Too many tweets! Please wait a moment and try again

Ikon ini muncul ketika tweet mengalami error jaringan akibat banyaknya orang yang mengirim tweet secara bersamaan.

Fasilitas pencari tidak hanya digunakan untuk mencari akun lain tapi bisa juga untuk mencari topik yang sedang ramai dibicarakan saat ini. Dalam Twitter tanda pagar/tagar (#) digunakan untuk menjadi kata kunci dalam tweet yang dituliskan.

Setiap orang yang tertarik dengan tanda pagar tersebut dapat bergabung dengan menuliskan tweet yang berhubungan dengan topik di tanda pagar tersebut. Semakin sering tanda pagar tersebut digunakan maka semakin besar peluang topik tersebut menjadi trending topic atau topik yang paling dibahas waktu itu.

Pertemanan dalam Twitter memiliki istilah yang berbeda yaitu pengikut (followers) dan mengikuti (following). Istilah ini membedakan Twitter dengan media lainnya khususnya pada kemudahan untuk berinteraksi tanpa harus menunggu persetujuan satu dengan yang lainnya.

Jika pengguna masuk ke dalam akun lain dan ingin mengetahui aktifitas dari akun tersebut maka disebut sebagai mengikuti (following). Sedangkan jika akun pengguna diikuti oleh akun lain maka akun tersebut disebut pengikut (follower).

Baca Juga:  10 Hardisk Eksternal Terbaik

Fasilitas pada Twitter untuk menjawab atau mengomentari pesan adalah reply atau reply all. Reply digunakan untuk memberi komentar pada satu akun dan reply all digunakan untuk mengomentari lebih dari satu akun. Simbol untuk reply maupun reply all ini adalah (RT).

Pengguna Twitter dapat secara langsung mengirimkan tweet ke pengguna lainnya atau merujuk pada tweet akun lain dalam percakapan dengan menggunakan simbol “@”. Simbol “@” digunakan sebagai penanda alamat yang dituju, dengan adanya simbol ini menunjukkan bahwa pesan/ tweet tersebut ditujukan pada pemilik akun tertentu.

Tentang jumlah karakter

Pada saat pertama kali diluncurkan, Twitter membatasi sebanyak 140 karakter untuk satu kicauan. Jumlah tersebut bahkan tidak sebanyak karakter SMS yang kala itu bisa mencapai 160 karakter.

Meski terbatas, hal ini malah menjadi ciri khas media sosial tersebut. Alasan mengapa Twitter membatasi jumlah karakter tersebut, adalah karena Twitter memang terinspirasi dari SMS, tetapi dibawakan dengan format yang berbeda.

Pada saat pertama kali dikembangkan, Twitter memang dirancang untuk mengirim pesan berbasis SMS. Awalnya, Twitter tidak menerapkan batasan karakter untuk satu kicauan. Tetapi ketika dicoba mengirim twit dengan lebih dari 160 karakter, SMS akan terkirim dua kali sehingga dapat menghabiskan pulsa lebih banyak.

Oleh karena itulah Jack Dorsey dan rekannya memutuskan untuk membatasi 140 karakter dalam satu twit, sedangkan 20 karakter sisanya digunakan untuk nama akun.

Pada 2017, Twitter kemudian menambah batasan jumlah karakter dari 140 menjadi 280. Jack Dorsey kala itu mengatakan bahwa jumlah tersebut ditambahkan berdasarkan hasil riset yang dilakukan Twitter terkait kebiasaan para pengguna.

Batasan 140 karakter dianggap terlalu pendek sehingga para pengguna terpaksa menyingkat kata-kata yang ditulis agar bisa memenuhi 140 karakter.

Penambahan jumlah itu sempat menuai kontroversi. Pasalnya 140 karakter memang sudah menjadi ciri khas bagi Twitter, dan sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna.

Tidak sedikit juga yang mengatakan bahwa pesan singkat ala Twitter itulah yang justru membuat informasi lebih mudah diterima oleh banyak orang. Akan tetapi, pada November 2017 Twitter resmi menambah batasan kicauan menjadi 280 karakter.

Baca Juga:  Cara Cepat Menghapus Like di Twitter

Pertumbuhan Twitter

Twitter tumbuh dengan sangat pesat sejak pertama kali diperkenalkan pada 2006. Jumlah kicauan yang diunggah meningkat berkali kali lipat. Menurut artikel The Daily Telegraph, pada 2007 ada sebanyak sekitar 400.000 twit yang diunggah.

Angka tersebut meroket pada 2010 hingga mencapai lebih dari 50 juta kicauan per hari. Pada 2011, tercatat setidaknya ada 140 juta twit yang diunggah setiap hari. Namun, pertumbuhan Twitter mulai melambat pada 2014 di mana media sosial semakin sesak dan persaingan semakin ketat.

Sebut saja instagram, snapchat, serta facebook yang makin menggurita. Para pengguna medsos di Indonesia pada tahun tersebut juga sudah banyak beralih kepada Path. Apalagi belakangan diketahui bahwa Indonesia menjadi salah satu basis pengguna Twitter terbesar.

Selain itu, para pehobi dunia maya juga mulai kebingungan mengelola akun mereka, karena banyaknya media sosial yang digunakan.

Pelambatan jumlah pertumbuhan pengguna Twitter sudah terendus sejak kuartal empat 2013. Jumlah pengguna kala itu masih tumbuh sekitar 3,8 persen. Namun, angka tersebut merupakan pertumbuhan paling rendah sejak Twitter berdiri.

Angka tersebut diketahui dari laporan kinerja Twitter untuk pertama kali sejak melantai di bursa saham New York Stock Exchange (NYSE).

Pada 7 Februari 2014, saham Twitter Inc merosot tajam, sekitar 24 persen pada perdagangan di bursa saham Amerika Serikat (AS), setelah melaporkan pertumbuhan pengguna Twitter yang melamban. Hal itu membuat kapitalisasi pasar saham turun 8,7 miliar dollar AS. Pertumbuhan Twitter saat ini kian membaik.

Pada kuartal pertama 2020, terjadi lonjakan pengguna aktif hariannya dari 134 juta pada kuartal I-2019 menjadi 166 juta pengguna atau mengalami peningkatan 24 persen. Pada kuartal II-2020, angka tersebut kembali meningkat menjadi 186 juta pengguna. Angka pengguna aktif harian ini melebihi ramalan para analis, yang awalnya memperkirakan hanya akan mencapai 176 juta pengguna.

Avatar photo
Bang Yogi

Saya ingin melihat-lihat untuk mendapatkan ide segar dan kadang-kadang hanya duduk dan bekerja di depan komputer berjam-jam.

Articles: 528

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *